Senin, 29 Februari 2016

Pin It

[ARTIKEL] MISTERI ANGKA NOL


ASAL MULA ANGKA NOL


sumber: www.wahdahmakasar.org
Penasaran kenapa setiap angka yang dikalikan dengan nol hasilnya merupakan bilangan nol itu sendiri? 

Al-Khawarizmi atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Bapak ALJABAR  adalah orang yang memperkenalkan Bilangan NOL (0). Kata “zero” atau nol berasal dari bahasa latin zhepirum, yang berati kosong atau hampa. Simbol “0” berasal dari India. 

Nol  itu termasuk sebagai anggota "bilangan". bilangan real, bilangan bulat.Akan tetapi nol bukan termasuk "bilangan asli" atau biasa kita simbolkan dengan "N". Karena bilangan asli itu adalah bilangan bulat positif yang bukan nol.

Konsep bilangan nol telah berkembang sejak zaman Babilonia  dan Yunani kuno. Pada saat itu bilangan Nol diartikan sebagai ketiadaan dari sesuatu. Selanjutnya konsep bilangan nol dan sifat-sifatnya terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.  Hingga pada abad ke-7, Brahmagupta seorang matematikawan India memperkenalkan beberapa sifat bilangan nol.

Sifat-sifatnya adalah suatu bilangan bila dijumlahkan dengan nol akan tetap, demikian pula sebuah bilangan bila dikalikan dengan nol akan menjadi nol. Tetapi, Ia mengalami kesulitan dan cenderung kea rah yang salah karena setiap bilangan yang dibagikan dengan nol adalah tetap. Tentu saja ini sebuah kesalahan yang sangat fatal. Tetapi, hal itu tetap harus dihargai. 
  
Al-Khawarizmi  adalah yang pertama kali memperkenalkan penggunaan bilangan nol sebagai nilai tempat dalam basis sepuluh. Sistem ini disebut dengan system bilangan  desimal. Selain itu Dia juga merupakan penulis kitab aljabar (matematika) pertama kali di muka bumi.

Al-Khawarizmi juga menyusun buku tentang penghitungan waktu berdasarkan bayang-bayang matahari. Al-Khawarizmi meninggal pada 262 H/846 M di Baghdad. Walaupun ia sudah lama meninggal, namun ilmu yang ia hasilkan masih kita gunakan sampai saat ini.



0 komentar:

Posting Komentar