Rabu, 02 Maret 2016

Pin It

[ARTIKEL] CARA BELAJAR MENCINTAI MATEMATIKA

BELAJAR MENCINTAI MATEMATIKA

sumber: www.mathgames4kids.blogspot.com
Sebagian orang berpikir mungkin pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit. Ya, memang tidak bisa dipungkiri. Bahkan matematika masuk kedalam jajaran daftar pelajaran yang tidak disukai. Hampir semua orang menjawab “Matematika” apabila ditanya “Pelajaran apa yang tidak sukai?”. Maka dari itu, penulis bermaksud untuk berbagi tips bagaimana sih, cara agar kita bisa mencintai matematika? Mari baca penjelasannya!


Sebelum beranjak ke tips, saya akan memaparkan terlebih dahulu akan kegunaan matematika. Tidak terasa dalam kehidupan sehari-hari terdapat aktivitas yang mana didalamnya berkaitan erat dengan matematika, bahkan bagi orang biasa sekalipun. Para pedagang, tukang las, tukang bangunan bahkan tukang parkir pun butuh matematika untuk menghitung uang recehan yang Dia dapat dari pengendara yang memarkirkan kendaraannya. Matematika merupakan kunci dari semua ilmu sains, baik itu Ekonomi, Fisika, Kimia, dan Akuntansi, karena pelajaran tersebut tidak akan kita pahami tanpa mempelajari terlebih dahulu dasarnya, yaitu matematika. Namun, permasalahannya sekarang adalah, bagaimana cara yang baik agar kita dapat menguasai ilmu matematika ini? Harus diingat bahwa tidak ada cara mudah untuk menguasai ilmu matematika. Yang ada adalah Cara yang benar dalam mempelajarinya. Dibutuhkan kesabaran dan kegigihan yang tinggi untuk berusaha, tapi dengan niat yang kuat saya yakin kita bisa menguasai pelajaran matematika.

Baiklah, sekarang berlanjut ke tips, sesuai dengan judul utama artikel kali ini. Ada beberapa tips yang bisa kita tempuh agar kita bisa menguasai Matematika:

1.      Luruskan Niat
Yap, semua hal alangkah baiknya diawali dengan niat terlebih dahulu. “Meluruskan Niat” janganlah kita belajar matematika sekedar mendapatkan nilai yang bagus sebagai syarat lulus mata ujian matematika semata. Karena hal ini berarti, apabila kita telah melewati ujian/test, maka akan dengan mudahnya kita melupakan materi yang telah dipelajari. Niatkanlah belajar matematika untuk menambah ilmu pengetahuan kita. Karena, dengan belajar ilmu matematika, daya nalar otak kita akan bekerja dan terasah dengan baik sehingga mudah untuk menerima pelajaran yang lainnya. Sekali lagi, ingat!

“Jangan hanya berorientasi pada Hasil Ujian, tetapi berorientasilah pada Proses Belajarnya.” 

2.      Kenali, Pahami lalu Cintai keindahan Matematika
Nah, point ini merupakan point yang paling penting dalam belajar matematika. Akan mudah dalam mempelajari sesuatau, jika kita mencintanya terlebih dahulu. Bagaimana kita bisa mencintai matematika jika kita tidak mengenalnya? Maka, langkah kedua adalah kita harus mengenal apa itu matematika dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Jika sudah mengenalnya dan tahu apa manfaatnya, maka kamu akan tahu betapa penting dan dibutuhkannya peran matematika dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah… ambil contoh sederhananya, ketika tukang bangunan membuat Fondasi rumah, maka Dia harus menghitungnya dengan teliti agar fondasinya tidak timpang, oleh karena itu digunakanlah beberapa rumus matematika. Bahkan ketika kita menghitung jumlah uang jajan, atau transaksi jual beli sekalipun, maka kita harus menghitungnya menggunakan matematika, bukan? Sungguh tidak mungkin kita bisa hidup jauh dari matematika. Maka dari itu, tanamkanlah dalam pikiran kita bahwa matematika itu sesuatu yang berguna, menarik, indah, dan sebagai teka-teki yang sangat menyenangkan untuk dipecahkan. Jika kita mencintainya, semua rumus yang tampak begitu rumit yang bahkan apabila kita melihatnya sekalipun ‘pusing’ yang ada, semua itu akan secara tiba-tiba menjadi mudah untuk dipelajari. 

3.      Berdo’a
Sebelum kita mulai untuk mempelajari matematika, alangkah baiknya juga kita berdo’a terlebih dahulu, agar Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk memecahkan persoalan yang kita dapat dari materi yang sedang dipelajari. Bukankah Allah itu Maha atas segalanya? Maka dari itu,  Mintalah kepada-Nya agar kita bisa memahami materi yang dipelajari dan diberikan ilmu yang berkah. Selain itu, agar kita tetap konsisten dan gigih dalam berusaha, serta tidak mudah putus asa dalam belajar. Jadi, do’a merupakan hal yang sangat penting.
sumber: www.thenationalstudent.com

4.      Banyak Latihan dan Belajar
Tiga point diatas tidak akan berguna apabila tidak disertai dengan usaha. Ya, selanjutnya mengambil langkah untuk belajar dengan rajin dan konsisten. Tarkadang ada masanya dimana kita semangat sekali untuk belajar dan ada juga masa dimana rasa malas itu datang melanda. Maka disini butuh kedisiplinan dan kekonsistenan dalam mempeljari matematika. Dalam satu hari tidak perlu meluangkan waktu begitu banyak untuk belajar, cukup sedikit waktu, namun tetap kontinyu dan konsisten. Matematika adalah ilmu hitung, tentu akan lebih baik mempelajarinya apabila disertai dengan terus berlatih. Perbanyaklah latihan soal-soal, karena jika kita sudah terbiasa, maka akan dengan mudah bagi kita untuk memecahkan soal yang serupa dikemudian hari. Selain itu, hal tersebut juga bisa membuat pemahaman kita terhadap matematika semakin medalam. Setidaknya ada Delapan tahapan cara belajar yang baik:
a.      Pahami materi beserta rumus-rumusnya
b.      Kelompokan rumus-rumus yang ada
c.       Buatlah catatatan kecil kumpulan rumus-rumus
d.      Mulai berlatih mengerjakan soal yang disertai dengan pembahasannya
e.      Mengerjakan soal secara mandiri (tanpa melihat pembahasan)
f.        Mengerjakan soal yang serupa
g.      Terus berlatih dengan tipe soal-soal yang lain
h.      Jangan hanya belajar dari satu buku, karena biasanya terdapat buku yang tidak menjelaskan persamaan secara  rinci, sehingga sulit untuk dipelajari. Untuk itu disarankan mencari referensi buku lain agar mempermudah dan bisa saling melengkapi kekurangan isi dari buku tersebut.

5.      Tidak ada kata “Aku Tidak Bisa” dan “Putus Asa”
Putus asa merupakan penyakit yang paling sering ditemui setiap orang ketika berusaha untuk mendapatkan sesuatu, sudah berusaha namun tak kunjung mendapatkannya. Ketika kita belajar, khususnya kontek disini adalah belajar matematika, hindarilah sejauh mungkin kata putus asa. Ketika kita menemukan soal yang rumit, maka segeralah minta bantuan kepada Guru/Dosen yang bersangkutan atau kepada teman yang sudah lebih memahami. Sebisa mungkin jauhkan pemikiran “Aku tidak bisa”, karena hal tersebut akan memperburuk keadaan dan menjadi sugesti bagi diri kita. Ketika Kamu merasa tidak bisa mengerjakannya, maka katakanlah “Aku Pasti Bisa!” Berilah semangat dan motiavasi untuk diri sendiri, karena setiap permasalahan pasti ada pemecahannya.

6.      Sabar…
“Allah bersama orang-orang yang sabar…” 
Sabar dalam belajar, sabar dalam memecahkan suatu persoalan, sabar dalam mengerjakan sesuatu. Sabar…

Tips-tips diatas berguna sekali dalam memahami belajar matematika dengan baik. Selain itu, kita juga harus mengetahui Cabang Matematika yang sangat perlu kita kuasai. Beberapa cabang yang cukup mendasar dan bermanfaat luas dalam pengembangan ilmu matematika:
1.       Arimatika
Cabang matematika ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan orang yang tidak suka matematika. Aritmatika merupakan cabang yang mempelajari operasi dasar bilangan. Seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persen, pemangkatan dsb. Contoh dalam kehidupan sehari - hari menghitung uang, laba, rugi, bunga bank. Semua hal tentang tambah, kurang, kali, bagi. Cabang Matematika yang paling sering digunakan dalam hidup ini, bahkan oleh orang yang tidak suka Matematika sekalipun!

2.      Geometri
Geometri (dari bahasa yunani ?e?µet??a; geo = bumi, metria = pengukuran) secara harafiah berarti pengukuran tentang bumi cabang matematika membahas tentang bidang, bentuk, ruang, volume, luas. cabang ini banyak di kuasai oleh para insinyur, arsitek. Ilmu yang membahas bentuk, bidang, dan ruang suatu benda (terutama luas dan volume). Insinyur dan arsitek yang kompeten pasti menguasai cabang Matematika ini.

3.       Aljabar
Aljabar berasal dari Bahasa Arab "al-jabr" yang berarti "pertemuan", "hubungan" atau "penyelesaian" adalah cabang matematika yang dapat dicirikan sebagai generalisasi dari bidang aritmatika. Aljabar juga merupakan nama sebuah struktur aljabar abstrak, yaitu aljabar dalam sebuah bidang. Bentuk-Bentuk seperti 2a, -5b, x3, 3p + 2q disebut bentuk aljabar. Pada bentuk aljabar 2a, 2 disebut koefisien, sedangkan a disebut variabel (peubah). Manipulasi operasi arimatika untuk mencari suatu nilai yang tidak diketahui (biasanya dinyatakan dalam variabel x dan y). Ahli komputer dan programming termasuk mereka yang wajib menguasai aljabar. Bahkan ketika kecil, Einstein mulai belajar matematika dari Aljabar ini.

4.         Trigonometri
Secara bahasa trigon berarti tiga sudut, metri berarti mengukur, cabang ini membahas tentang sudut segitiga dan fungsi trigometri seperti sinus, cosinus, tangen. Contoh dalam kehidupan sehari - hari sistem navigasi satelit, menghitung tinggi pohon (Pramuka). Cabang matematika yang didedikasikan untuk mempelajari semua properti pada segitiga (terutama sudut dan sisi) beserta manipulasinya. Trigonometri juga harus dikuasai oleh para insinyur dan arsitek.

5.       Kalkulus (deret, limit, turunan, differensial, dan integral)
Secara bahasa calculus (bahasa latin) artinya batu kecil untuk menghitung. Cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai bentuk dan aljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik, serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer. Contoh dalam kehidupan sehari-hari kecepatan sesaat, percepatan sesaat. Insinyur dan ilmuwan wajib menguasai ini dalam belajar matematika. Ilmu kalkulus mempelajari laju perubahan sesuatu, penjumlahan sesuatu yang banyak sekali menuju suatu nilai pasti, sampai pendekatan yang luar-biasa akurat untuk menghitung sesuatu yang "nyaris" mustahil dipecahkan untuk dihitung menggunakan operasi matematika biasa.

Demikian tips dan trik mengenai cara belajar matematika yang baik, semoga dapat memberikan manfaat bagi saya khususnya yang masih banyak belajar, serta bagi pembaca pada umumnya. J

Sumber referensi:
http://kamissore.blogspot.com/2009/09/mengenal-cabang-matematika.html
http://lenterakecil.com/pengertian-matematika/
http://dhiiashintapratiwi.blogspot.co.id/2013/05/cara-mudah-belajar-mencintai-matematika.html
http://fetihshare.blogspot.co.id/2013/12/cabang-cabang-ilmu-matematika.html

Oleh: N. Mustika Syarifah

2 komentar: