Kamis, 24 September 2015

Pin It

[ARTIKEL] PERSAMAAN HELMHOLTZ





PERSAMAAN HELMHOLTZ

Persamaan Helmholtz(sumber: web.ift.uib.no)
Banyak yang beranggapan kalo jurusan matematika itu gak jelas kerjanya apa. Tapi jangan khawatir.. semoga artikel di bawah ini bisa jadi jawaban atas kebimbangan temen-temen yang masih belum yakin mau melanjutkan studi di matematika atau tidak. Check it out!

Persamaan Helmholtz yang menjadi misteri selama puluhan tahun akhirnya dipecahkan oleh orang Indonesia, Yogi Ahmad Erlangga. Pak Yogi merupakan dosen ITB yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Mendapat gelar sarjana teknik di Program Studi Aeronotika dan Astronotika ITB pada 1998, Pak Yogi melanjutkan studinya di Delft University of Technology (DUT), Belanda. Gelar master dan doktor didapatkannya di bidang matematika terapan dari universitas yang sama. Pak Yogi yang sempat mengikuti program post-doctoral di Jerman tercatat pernah mejadi asisten profesor bidang matematika di Universitas Alfaisal, Arab Saudi.
Yogi Ahmad Erlangga(sumber: komputasi.lipi.go.id)

Minat penelitiannya meliputi aljabar linier, analisis matriks, metode numerik untuk persamaan diferensial parsial (PDEs), aljabar linear numerik, metode iteratif untuk skala besar linear/non sistem linear, PDE-kendala optimasi, dengan aplikasi dalam dinamika fluida, dan propagasi gelombang dan seismik eksplorasi/ pencitraan. Beliau juga tertarik dalam desain pesawat dan terlibat dalam desain kendaraan udara tak berawak yang panjang dan tinggi serta berdaya tahan.

Dalam siaran pers tahun 2005, diterangkan Universitas Delft sungguh bangga. Penelitian Pak Yogi adalah murni matematika.

Pak Yogi mengungkapkan, penelitian mengenai persamaan Helmholtz ini dimulai pada Desember 2001 silam dengan mengajukan diri untuk melakukan riset di DUT. Waktu itu, perusahaan minyak raksasa, Shell, datang ke DUT untuk meminta penyelesaian persamaan Helmholtz secara matematika numerik yang cepat atau disebut robust (bisa dipakai di semua masalah).
Pak Yogi yang memiliki hobi memasak, melukis, dan olah raga itu memecahkan rumus Helmholtz setelah berkutat selama empat tahun. Yang membuat penelitian itu lama karena persamaan Helmholtz dipecahkan dalam matematika numerik, yaitu matematika yang bisa diolah dengan menggunakan komputer.

Karena itu, dalam melakukan penelitian diperlukan beberapa tahapan yang masing-masing tak sebentar. Apalagi, sambung beliau, persamaan ini memang sangat sulit. Ada dua cara untuk menguraikan matematika numerik yaitu secara langsung (direct) dan iterasi.
‘’Saya punya persamaan matematika dalam bentuk diferensial. Yang saya lakukan untuk memecahkan rumus Helmholtz itu adalah mengubah persamaan ini menjadi persamaan linear aljabar biasa. Begitu saya dapatkan, saya pecahkan dengan metode direct atau iterasi’’, ujarnya.

Menurut Pak Yogi, selain untuk menemukan sumber minyak, keberhasilan persamaan Helmholtz ini juga bisa diaplikasikan dalam industri lainnya yang berhubungan dengan gelombang. Persamaan ini digunakan untuk mendeskripsikan perilaku gelombang secara umum.
Industri yang bisa mengaplikasikan rumus ini antara lain industri radar, penerbangan, kapal selam, penyimpanan data dalam blue-ray disc (keping DVD super yang bisa memuat puluhan gigabyte data), dan aplikasi pada laser.

Gimanaa? Udah gak ragu lagi kan kuliah di jurusan matematika? Karena ilmu yang dianggap abstrak ini banyak sekali manfaatnya. Bukan hanya urusan hitung-menghitung di pasar tradisional saja, tapi juga dalam bidang komputasi, perminyakan, penerbangan, dan lain-lain.

Daftar Pustaka
Akbartauhidin, Adi. 2012. Yogi Ahmad Erlangga. Terdapat pada https://id.wikipedia.org/wiki/Yogi_Ahmad_Erlangga
Admin. 2012. Penghargaan Achmad Bakrie: Yogi Ahmad Erlangga, Sang Pemecah Persamaan Helmholtz. Terdapat pada http://www.itb.ac.id/news/3665.xhtml
Mustafa, Mappesangka. 2010. Yogi Ahmad Erlangga: Matematikawan Pemecah Persamaan Helmholtz. Terdapat pada https://indonesiaproud.wordpress.com/2010/03/10/yogi-ahmad-erlangga-matematikawan-pemecah-persamaan-helmholtz/
Oleh: Zhara Zhettiara Aditya

4 komentar:

  1. alhamdulillah sudah terpecahkan rumus matematika yang paling sulit sedunia

    BalasHapus
  2. Subhanallah, alhamdulillah msh ada orang pintar, brilian dan soleh di negeri ini. Aamiin

    BalasHapus