Selasa, 16 Agustus 2016

Pin It

[ARTIKEL] SKILL COURSE

SKILL COURSE

www.linkedin.com
Bagi mahasiswa tingkat akhir, kehidupan setelah lulus kuliah adalah hal yang harus benar-benar disiapkan, terutama untuk yang pertama kalinya mencari pekerjaan. Selain bekal ilmu yang telah disiapkan ketika kuliah, kelihaian menghadapi interview atau membuat Curriculum Vitae (CV) juga perlu diperhatikan.

Beberapa waktu lalu, Himatika telah menghubungi Teh Jansilmi Nur Al-Zia, atau yang biasa kita panggil, Teh Zia, alumni Matematika Unisba angkatan 2011 yang kini bekerja di CNN Indonesia. Beliau memberikan beberapa wejangan atau tips and trick interview dan membuat CV. Berikut rangkumannya.

Teknik Membuat CV yang Baik
Teh Zia mengatakan, intinya membuat CV jangan berlebihan dan jangan terlalu simpel. Kita harus melihat perusahaan yang kita tuju merupakan perusahaan yang bergerak di bidang apa. Misalnya jika kita ingin bekerja di bidang broadcast untuk divisi production, buat CV dengan format yang unik, kreatif, dan simpel. Jangan lupa juga tampilkan foto yang menarik, tidak terlalu kaku, tapi tetap sopan. Isi dari CV harus nyambung dengan divisi dalam perusahaan yang kita tuju, contohnya seperti tadi kita pilih divisi production, cantumkan keahlian kita yang sesuai dengan kebutuhan pada divisi tersebut dalam CV.

Tips Interview
  1.           Datang dengan pakaian rapi
  2.           Ketika masuk ruangan, jangan duduk sebelum dipersilakan
  3.           Jangan terlihat kaku
  4.           Saat berbicara, jangan banyak menunduk atau mata harus fokus
  5.           Jujur
  6.           Jangan mengatakan hal yang merendah
  7.           To the point
  8.           Perbanyak senyum
  9.           Kecakapan bahasa Inggris biasanya jadi poin plus
  10.           Badan jangan bungkuk, perlihatkan bahwa Anda layak bekerja di perusahaan itu
  11.           Jangan datang terlambat
  12.           Harus benar-benar memahami detail pekerjaan yang Anda lamar

Selain tips-tips di atas, Teh Zia memberikan sedikit tambahan. Untuk anak matematika, biasanya orang-orang berpikiran kita hanya bisa jadi guru atau hal-hal yang berbau ajar-mengajar. Nah, tantangan kita dalam dunia kerja di Indonesia terutama untuk anak matematika adalah membuat orang yakin jika anak matematika itu tidak hanya jago menghitung atau mengajar. Tunjukkan bahwa matematika itu sifatnya universal.

Berikut contoh yang dapat menjadi acuan kita membuat CV. Klik di sini.

Itulah rangkuman wawancara Himatika bersama Teh Zia. Semoga dapat menjadi bekal bagi akang teteh mahasiswa yang sebentar lagi atau sudah lulus dalam mencari pekerjaan. Sukses matematika, sukses bagi kita semua. Semoga dapat pekerjaan yang disukai atau sesuai passion dan menjadi berkah bagi diri sendiri, keluarga, Negara, dan agama.



See you on TOP!

0 komentar:

Posting Komentar